Senin, 13 Juni 2011

NASKAH PRAKTIK BAHASA INDONESIA














PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL
UPTD DIKPORA KECAMATAN PANGKAH
SEKOLAH DASAR NEGERI ..............................
Alamat : ...........................................................




ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2010
PRAKTIK


Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Hari / Tanggal       :
Kelas                   :  V (Lima)
Waktu                  :



1.     Aspek : Membaca

A.   Standar Kompetensi
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai dan membaca cerita anak.
B.   Materi
Cerita anak
Bacalah teks cerita anak berikut dengan seksama!
Liburan sekolah telah tiba. Yeni dan kedua orang tuanya berencana pergi berlibur ke Museum Yogya Kembali.Sebenarnya,Yeni sudah dari dulu ingin mengunjungi Museum Yogya Kembali, tapi belum kesampaian. Nah, pada liburan sekolah kali ini, Yeni sudah tidak sabar lagi untuk pergi ke Museum Yogya Kembali. Yeni sangat senang dengan pelajaran sejarah, apalagi dengan benda-benda bersejarah. Pada liburan kali ini, ia sudah mempersiapkan kamera untuk memotret barang – barang peninggalan para pahlawan yang terdapat di Museum Yogya Kembali.
C.   Soal / Petunjuk
Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1.      Apa judul yang tepat untuk teks di atas ?
2.      Kemana Yeni akan berlibur ?
3.      Pelajaran apa yang paling disenangi Yeni ?
4.      Untuk apa Yeni membawa kamera ?
5.      Tulislah kesimpulan teks cerita di atas!
D.   Kriteria Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Menjawab setiap butir soal dengan benar
20

Jumlah skor maksimal
100









2.     Aspek : Menulis
A.   Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan faktor secara tertulis dalam bentuk ringkasan.
B.   Materi
Menulis puisi dengan tema puisi bebas
C.   Soal / Petunjuk
Tulislah sebuah puisi dengan pilihan kata yang tepat

D.   Kriteria Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Pilihan kata yang digunakan
50
2
Kesesuaian judul puisi dengan pilihan kata yang digunakan
50

Jumlah Skor maksimal
100




3.     Aspek : Mendengarkan
A.   Standar Kompetensi
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.
B.   Materi
Cerita anak
Dengarkan dengan seksama pembacaan cerita anak dengan judul :
                                                  Pahlawan Kecil
            Namaku Anton. Semenjak ibuku meninggal, aku tinggal bersama ayah dan kedua adikku. Aku sangat menyayangi mereka. Oleh karena itu, sepulang sekolah aku selalu pergi mengamen untuk meringankan beban ayahku. Meskipun aku sering diejek teman – temank, aku tidak peduli, aku tetap gigih bekerja.Sebab, kalau tidak demikian, aku tidak dapat sekolah dan membantu ayahku.Aku ingin mengubah jalan hidupku.Aku ingin tetap bersekolah dan mencapai cita-citaku untuk menjadi seorang polisi. Aku ingin membahagiakan ayah dan kedua adikku. Untuk mewujudkan impian itu,aku akan terus berjuang untuk mencari uang dan belajar yang rajin agar cita-citaku dapat terwujud.
C.   Soal / Petunjuk
Setelah mendengarkan pembacaan cerita anak “Pahlawan Kecil” Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.      Siapakah pahlawan kecil dalam cerita tadi ?
2.      Sepulang sekolah, apa yang biasa ia lakukan ?
3.      Bagaimana sifat pahlawan kecil tersebut ?
4.      Mengapa ia harus tetap bersekolah ?
5.      Apa tema bacaan tersebut ?
D.   Kriteria Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Menjawab setiap butir soal dengan benar
20

Jumlah Skor maksimal
100




4.     Aspek : Berbicara
A.   Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama.
B.   Materi
Drama Pendek.
                                                  Konser Peterpan
         Jalan raya menuju alun – alun tampak ramah. Pemuda – pemudi, anak-anak bahkan orang tua berduyun-duyun menuju alun–alun.Wajah mereka tampak gembira. Ada yang memakai kaos peterpan. Ada yang membawa atribut peterpan, bahkan ada yang membawa spanduk besar bergambarkan grup musik dari Bandung tersebut.

Rian
:
Wah, Aku rasa konser hari ini akan ramai sekali !
Reno
:
Iya, banyak sekali yang datang, maklum konser gratisan, jadi banyak yang datang. (Sambil tersenyum)
Rian
:
Kira – kira, Anto tahu acara ini, tidak ya ?

Reno
:
Coba telepon saja !
(Rian dan Reno kemudian menuju wartel dekat alun – alun untuk menelpon Anto)
Rian
:
Hallo, Anto, ini Rian.
Anto
:
Ada apa menelpon ?
Rian
:
Ayo, pergi ke alun – alun sekarang. Ada konser peterpan gratis, lho ?
Anto
:
Yang benar saja.
Rian
:
Lho, acara ini bahkan sudah disiarkan di radio sejak seminggu yang lalu.
Apakah kamu juga tidak melihat spanduknya di depan sekolah ?
Anto
:
Oh, aku tidak memperhatikannya. Kamu dengan siapa?
Apakah acaranya sudah dimulai ?
Rian
:
Aku dengan Reno. Ini belum dimulai, cepat ke sini,
Ya! Aku tunggu di perempatan jalan.
Anto
:
Baiklah, aku pergi sekarang !


Kemudian Anto segera mengambil sepedanya yang tadi di parkir di depan rumahnya. Ia naik sepeda dengan kencang tanpa memperdulikan jalan yang ramai.
C.   Soal / Petunjuk
1.      Bentuklah kelompok dengan jumlah orang sesuai dengan jumlah tokoh yang sesuai.
2.      Pratikan dengan memerankan drama pendek tersebut dengan penghayatan dan ekspresi sesuai dengan karakter tokoh.
D.   Kriteria Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Penghayatan dan ekspresi
50
2
Lafal kalimat
50

Jumlah Skor maksimal
100




Mengetahui
Kepala Sekolah




............................................
NIP.

Pangkah, .............................2011
Guru Kelas V




............................................
NIP.


Untuk memudahkan guru dalam tes praktek setiap guru membuat naskah praktik untuk disalin dalam sebuah buku.
beberapa naskah praktik sebagai berikut :





PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL
UPTD DIKPORA KECAMATAN PANGKAH
SEKOLAH DASAR NEGERI ..............................
Alamat : ...........................................................




ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

PRAKTIK


Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Hari / Tanggal        :
Kelas / Semester    :  IV (Empat) / II
Waktu                    :



1.     Aspek : Mendengarkan

A.   Standar Kompetensi
5.    Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.1. Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
B.   Materi
Dengarkan Teks pengumuman yang dibacakan gurumu !
PENGUMUMAN
Dalam rangka menumbuhkan kedisiplinan siswa-siswi SD N Mulia, mulai 1 Februari 2011 akan di adakan pemeriksaan terhadap ketertiban sekolah. Semua siswa sebelum masuk kelas akan diperiksa oleh guru masing-masing kelas. Bagi siswa yang tidak menaati tata tertib sekolah akan dikenai hukuman. Hal – hal yang diperiksa antara lain buku, rambut, sepatu dan seragam.
Harap menjadi perhatian


Tegal, 1 Februari 2011
Kepala Sekolah



ARIF SUBEKTI, S.Pd

C.   Soal / Petunjuk
1.      Catatatlah hal-hal pokok dari pengumuman tersebut !
2.      Sampaikan kembali isi pengumuman tersebut secara lisan dengan bahasamu!
D.   Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Kesesuaian
50
2
Keruntutan
30
3
Bahasa
20

Skor Maksimal
100

2.     Aspek : Berbicara
A.   Standar Kompetensi
6.  Mengungkapkan pikiran, perasaan dan intonasi dengan berbalas pantun dan bertelepon.
6.1. Membacakan pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
B.   Materi
Pantun
Buah semangka buah duku
Buah belimbing manis rasanya
Binatang apa wahai temanku
Siang tidur malam berkelana
Mangga muda rasanya kecut
Berilah garam sebagai penawar
Ayo dijawab tak perlu takut
Sang kelelawar pastilah benar
C.   Soal / Petunjuk
Bacalah secara berpasangan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

D.   Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Lafal
30
2
Intonasi
30
3
Ekspresi
20
4
Sikap
20

Jumlah Skor maksimal
100



3.     Aspek : Membaca
A.   Standar Kompetensi
7.    Memahami Teks melalui membaca intensif, membaca nyaring dan membaca pantun.
7.2. Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat.

B.   Materi
Teks pengumuman
PENGUMUMAN
NO. 10 / KEPSEK / XI / 2010

Guna meningkatkan kemampuan siswa, SD Cemara akan menyelenggarakan pelajaran tambahan/ekstra kurikuler komputer. Kegiatan ini boleh diikuti oleh siswa kelas 4–6. Karena terbatasnya tempat dan peralatan, siswa yang berminat diharapkan segera mendaftarkan pada guru kelas masing- masing.
Pendaftaran akan dimulai tanggal 3 Nopember sampai dengan 10 Nopember 2010. Siswa yang mengikuti kegiatan ini diwajibkan membayar administrasi sebesar Rp. 5.000,00 per bulan.
Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih
Solo, 1 Nopember 2010
Kepala SD Cemara


Dra. Sitoresmi

C.   Soal / Petunjuk
Bacalah teks pengumuman berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat
D.   Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Lafal
25
2
Intonasi
25
3
Ekspresi
25
4
Sikap
25

Skor Maksimal
100




4.     Aspek : Menulis
A.   Standar Kompetensi
8.   Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karanagan, pengumuman dan pantun
8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll )

B.   Materi
Kerangka karangan
LIBURAN KE ANCOL
1.      Nilai rapornya bagus
2.      Hadiah liburan dari ayah
3.      Berdebar – debar menunggu pagi
4.      Indahnya Taman Impian Jaya Ancol
5.      Bertemu teman
6.      Pulang dengan hati senang

C.   Soal / Petunjuk
Kembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah karanagan!
D.   Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Kesuaian
30
2
Isi
40
3
Ejaan
30

Skor Maksimal
100




Mengetahui
Kepala Sekolah




............................................
NIP.

Pangkah, .............................2011
Guru Kelas IV




............................................
NIP.







PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL
UPTD DIKPORA KECAMATAN PANGKAH
SEKOLAH DASAR NEGERI ..............................
Alamat : ...........................................................




ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

PRAKTIK


Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Hari / Tanggal        :
Kelas / Semester    :  III (Tiga) / II
Waktu                    :



1.     Aspek : Membaca

A.   Standar Kompetensi
Memahami Teks dengan membaca intensif 150 – 200 kata dan membaca puisi.
B.   Materi
Membaca puisi dengan ucapan, intonasi, dan ekspresi yang tepat
KUPU-KUPU
Alangkah elok warnamu
Terbang kian kemari
Diantara bunga-bunga
Mencari madu
Kadang-kadang melihat engkau berayun-ayun
Ditangkai dan daun-daun
Atau berkejaran bersama kawanmu
Kupu-kupu
Alangkah senang aku melihatmu
Dapatlah aku memiliki sayap yang indah seperti sayapmu.

C.   Soal / Petunjuk
Bacalah puisi dibawah ini dengansuaranyaring !
Perhatikan kejelasan ucapan, penggunaan intonas, dan ekspresi !

D.   Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ucapan
30
2
Intonasi
30
3
Ekpresi
40

Skor Maksimal
100




2.     Aspek : Mendengarkan
A.   Standar Kompetensi
Memahami cerita dari teks drama anak yang dilaksanakan
B.   Materi
Mendengarkan cerita pengalaman
Diandra Perlu Darah
Suatu hari, aku dan adikku Diandra, pulang sekolah Kami berjalan disebelahkiri. Di sepanjang jalan, kami aspek mengobrol. Tiba-tiba, motor dari arah belakang kami menabrak Diandra.
Diandra terjatuh, kepalanya luka karena terbentur jalan Diandra banyak mengeluarkan darah. Aku takut melihatnya Aku pun berteriak minta tolong.
Tak lama kemudian, orang-orang datang menolong Diandra. Diandra dibawa ke rumah sakit. Diandra banyak kehilangan darah, Ia harus ditransfusi darah. Aku panik, aku pun menelpon Ayah dan Ibu. Tak lama kemudian, Ayah dan Ibu datang. Hatiku pun tenang.
Diandra segera mendapattransfusi darah. Ayah mendonorkan darahnya untuk Diandra. Golongan darah Diandra dan ayah sama, yaitu O.
Diandra pun selamat, Aku pun bahagia sekali.

C.   Soal / Petunjuk
Jawablah pertanyaan –pertanyaan ini dengan cerita yang kamu dengar.
1.      Siapa yang pulang sekolah ?
2.      Disebelah mana mereka berjalan?
3.      Siapa yang tertabrak motor?
4.      Kemana Diandra dibawa?
5.      Siapa yang mendonorkan darah untuk Diandra?

D.   Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Menjawab setiap butir soal dengan benar
20

Jumlah Skor maksimal
100



3.     Aspek : Berbicara
A.   Standar Kompetensi
Menggunakan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita.

B.   Materi
Melakukan percakapan melalui telepon
Dimas
:
Halo, assalamu’alaikum
Ibu
:
Waalaikumsalam
Dimas
:
Ibu ....
Ibu
:
Eh Dimas, kamu belum berangkat sekolah ?
Dimas
:
Baru siap-siap mau berangkat. Tetapi, Ibu lupa memberisaya uang saku, ya ?
Ibu
:
Oh, iya, tadi Ibu lupa memberi uang sakumu hari ini.
Kamu juga tadi tidak minta, ya?
Dimas
:
Saya juga lupa, Bu!

Ibu
:
Di lemari, Ibu menaruh sisa uang belanja. Ambil saja untuk uang sakumu. Sisanya biarkan saja di situ.
Dimas
:
Baik, Bu.
Ibu
:
Sudah, ya. Baik – baiklah belajar !
Dimas
:
Terima kasih, Bu!


C.   Soal / Petunjuk
Lakukan percakapan telepon bersama teman sebangkumu !
D.   Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ucapan
30
2
Intonasi
30
3
Ekpresi
40

Skor Maksimal
100



4.     Aspek : Menulis
A.   Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi

B.   Materi
Menulis karangan
Mengurutkan gambar Seri


























C.   Soal / Petunjuk
Buatlah 2 sampai 3 kalimat untuk setiap gambar seri yang telah kamu urutkan!
Gambar 1
:
                                                                                                                 
                                                                                                                 
                                                                                                                 
Gambar 2
:
                                                                                                                 
                                                                                                                 
                                                                                                                 
Gambar 3
:
                                                                                                                 
                                                                                                                 
                                                                                                                 
Gambar
:
                                                                                                                 
                                                                                                                 
                                                                                                                 

D.   Kriteria Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Bahan
30
2
Ejaan
30
3
Isi
40

Skor Maksimal
100





Mengetahui
Kepala Sekolah




............................................
NIP.

Pangkah, .............................2011
Guru Kelas III




............................................
NIP.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar